"Hospitality Service, Property, Adverising"

Pangrango Plaza

Dalam satu dekade terakhir, perekonomian Bogor menunjukkan perkembangan yang positif, di mana salah satu indikatornya adalah terpeliharanya daya beli masyarakat. Sejalan dengan itu, pusat bisnis pun terus tumbuh di Kota Hujan tersebut. Salah satu pusat bisnis tersebut adalah Pangrango Plaza di Jalan Padjadjaran, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah.

Pada awalnya, sekitar tahun 1990-an Pangrango Plaza merupakan pusat perbelanjaan yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat Bogor. Namun seiring berjalannya waktu, orang-orang mulai jarang ke tempat ini. Hal itu berimbas pada merosotnya kualitas pelayanan dan berlanjut pada kurang terurusnya sarana dan prasarana di dalam gedungnya. Pemerintah Kota Bogor sempat mengutarakan bahwa pengelola Pangrango Plaza terancam bangkrut. Melihat hal itu, developer ternama yakni Group Lippo melalui anak perusahaannya, PT Gama Prima Karya, membeli dan mengambil alih pengelolaannya.

Setelah itu PT Gama Prima Karya melakukan renovasi besar-besaran, mengubahnya jadi pusat perbelanjaan yang lebih mewah dengan mengusung nama baru, Lippo Plaza Keboen Raya Bogor. Peningkatan kualitas tidak hanya di sektor fisik saja, namun juga dari sisi manajemen pengelolaan. Berkat sentuhan anak perusahaan Lippo Group ini, investor kembali melirik Pangrango Plaza sebagai lahan berinvestasi. Ritel-ritel besar, restoran-restoran ternama, berbagai sarana hiburan dan lain sebagainya kembali mengisi ruang-ruang usaha di Pangrango Plaza. Bahkan bioskop Cinemaxx telah beroperasi, dan alhasil pengunjung kembali ramai ke sini.

Pada saat ini, Pangrango Plaza termasuk nyaman sebagai tempat berinvestasi ataupun tempat berbelanja. Sebab gedungnya didukung oleh fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas area komersil ini adalah area parkir yang luas, AC cukup dingin, lift memadai, serta ditunjang oleh keberadaan eskalator di setiap lantai.